MENJADI GURU INSPIRATIF

Pembelajaran dikelas-kelas terasa membosankan. Betapa tidak, bapak dan ibu guru menyampaikan materi sesuai dengan target materinya. Seolah siswa seperti robot yang tinggal menerima materi untuk di masukkan ke dalam otaknya. Dan yang lebih parah lagi bahwa guru sangat yakin akan apa yang telah disampaikannya itulah yang masuk ke dalam otak para siswanya.

Siswa kita pernah kita ajak untuk menggerakkan tangannya sesuai contoh gurunya, dan anehnya guru memang menjadi panutannya, contoh guru bilang "pegang dagunya" padahal sang guru memegang keningnya' itupun para siswa mengikuti gerakan gurunya yang memegang keningnya, karena memang itulah yang terlihat. Anehkah?

Teman-teman pembelajar yang budiman, dari uraian di atas mencerminkan kepada kita bahwa anak atau subyek didik sangat tergantung kepada gurunya, bahkan ketika gurunya melakukan konsep yang salahpun akan diikutinya.

Guru memegang peranan sentral dalam proses membentuk sebuah generasi. Maka sebenarnya guru memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan konsep, informasi dan karakter kepada subyek didik. Guru sebagai panutan bagi siswanya, jika seorang guru memberikan konsep pembelajaran salah kepada siswa maka amat sulitlah unutk merubahnya.

Dalam hal ini untuk memerankan fungsi guru yang begitu penting dan bahkan menjadi pusat (sentral dari sebuah pembentukan generasi maka jadilah GURU YANG INSPIRATIF. Mudah untuk diucapkan. Akan mudah untuk dilakukan maka guru hendaknya melakukan beberapa tip di bawah ini:
1. Rajin membaca untuk menambah wawasan
2. Networking (menjalin hubungan sesama guru dimanapun berada
3. Sharing (berbagi informasi bagaimana menghadapi subyek didik)
4. Pendekatan personal kepada setiap subyek didik
5. Adapting (mudah beradaptasi dengan suasana pembelajaran terkini) 
6. Menjadi manusia pembelajar.
7. Berilah motivasi atau kata penyemangat di setiap pembelajaran

Komentar

Postingan Populer