HIRUK PIKUK DAN PEKIK KURIKULUM 2013
Sahabat Guru yang berbahagia...
Sering kita mendengar makian tentang Kurikulum 13 baik itu yang menyebut kaum peduli pendidikan, pengamat pendidikan. Yang pada dasarnya adalah apatis terhadap sebuah perubahan dan selalu memandang dengan pesimis.

Mungkin begitulah dunia diciptakan dengan berpasangan agar nuansa bumi dan hidup ini menjadi lebih berwarna. Dan dengan keberagaman ini pula membuat motivasi kehidupan bagi makhluk yang bernama manusia.

Tidak ada karya manusia yang sempurna, tapi saya yakin setiap rancangan perubahan pasti adalah untuk kebaikan. khususnya bagi manusia. Perubahan yang sangat esensi dalam dunia pendidikan adalah Kurikulum. Dengan kurikulum ada pedoman bagaimana membentuk generasi mendatang menjadi genarasi yang lebih baik.

Kita sebagai pelaku di garda terdepan harus meyakini bahwa perubahan Kurikulum adalah akan menjadikan kita yang lebih baik, dan saya yakin bila dimaksimalkan akan menjadi generasi yang terbaik.

Elemen perubahan Kurikulum yang esensial terletak pada model pembelajaran Tematik Integratif (tematik terpadu), dengan pendekatan saintifik, penilaian otentik. Sebuah lompatan yang luar biasa bagi dunia pendidikan, begitu detail memantau dan mangamati subyek didik. apalagi pendekatan pembelajaran saintifik akan mengajak subyek didik untuk mengembangkan rasa ingin tahunya dan juga mengembangkan potensi dan menenmukan gaya belajarnya sendiri. Guru benar-benar dituntut menjadi fasilitator, dan mediator dalam arti yang sesungguhnya. Bahkan guru benar-benar menjadi arsitek pembelajaran di ujung tombak pendidikan.

Salam perjuangan guru Indonesia, mari kita songsong generasi kedepan yang mampu memberikan pencerahan di dunia global.

Komentar

Postingan Populer