PEMBELAJARAN YANG MEMBAHAGIAKAN

Dalam kamus Bahasa Indonesia online disebutkan tentang belajar yaitu (1) berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu: adik ~ membaca; (2)berlatih: ia sedang ~ mengetik; murid-murid itu sedang ~ karate; (3) berubah tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman
Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/belajar
KamusBahasaIndonesia.org. Dari definisi di atas dapat kita ambil maknanya bahwa Belajar adalah usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu sehingga dapat merubah tingkah laku disebabkan dari pengalamannya (belajar). Dengan belajar diharapkan menjadi individu mengalami perubahan perilaku. Apakah belajar harus di sekolah ? Ini adalah pertanyaan mendasar dari masyarakat umumnya. Kalau kita mencermati berbagai makhluk hidup selain manusia, induknya selalu memberi pembelajaran kepada anak-anaknya bagaimana menjalani hidup, mempertahankan dan memimpin kelompoknya. Begitu juga manusia menjalani hal yang sama bahkan lebih dari itu. Belajar bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Belajar adalah pengalaman dan terus menambah pengalaman untuk merubah perilaku pembelajarnya.

Bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dr segala yg menyusahkan): -- dunia akhirat; hidup penuh --; (2) a beruntung; berbahagia: saya betul-betul merasa -- krn dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga
Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/bahagia
KamusBahasaIndonesia.org. Dari definisi di atas dapat diartikan bahwa bahagia adalah sebuah kondisi atau keadaan atau perasaan senang dan tentram serta perasaan beruntung. Deskripsi yang sungguh luar biasa bahwa ternyata definisi bahagia sebegitu mendalam dalam diri individu, melibatkan emosi dan perasaan yang berarti sangat personal kondisi tersebut akan mampu dirasakan.

Bila kita tarik garis ke wilayah "pembelajaran" dalam hal ini adalah kondisi klasikal atau serempak bersama-sama dalam kondisi bahagia, apa saja persyaratan yang dibutuhkan? Tentunya perlu pemikiran, perancangan dan strategi yang utuh agar terjadi suasana pembelajaran yang membahagian. Langkah atau strategi agar terjadi pembelajaran yang membahagiakan :

A. Menciptakan Suasana Belajar di Kelas  yang Menyenangkan
     1. Ciptakan iklim yang nyaman buat anak didik Anda
     2. Dengarkan dengan serius setiap komentar atau pertanyaan yang diajukan oleh siswa Anda
     3. Jangan ragu memberikan pujian kepada siswa
     4. Beri pertanyaan yang mudah dijawab
     5. Biarkan siswa mengetahui pelajaran sebelum kelas dimulai
     6. Controlling

B. Menciptakan Lingkungan Kelas yang Menarik
     1. desainlah ruang kelas yang dengan hal-hal yang membuat suasana hati ceria
     2. ciptakan suasana kelas yang mirip pesta, ada balon, lampion, dan hiasan-hiasan dinding.
     3. siapkan musik pengiring ketika presentasi atau ketika siswa mengerjakan tugas-tugas yang
         sebelumnya telah direncanakan
     4. seluruh atmosfer kelas harus benar-benar bersahabat, tidak ada tekanan, apalagi ancaman.

C.    Langkah Inovatif untuk Menggairahkan Nafsu Belajar Siswa
(http://duseptipanggabean.blogspot.co.id/2012/01/menciptakan-suasana-belajar-yang.html)

Mari kita coba bersama....!

Komentar

Postingan Populer