MENJADIKAN CUSTOMER SETIA

Perlu dipahami oleh setiap Kepala Sekolah bahwa "dia" juga seorang manajer, pemimpin perusahaan, dan bertanggung jawab atas kemajuan atau kemunduran atas sekolah yang dipimpinnya. 

Kita sering terlena bahwa apa yang telah kita peroleh (hak sebagai guru) kita belum pernah memahami dari mana kita memperolehnya.

Marilah kita cermati fenomena pergeseran peradaban dari seorang guru sebagai sosok yang serba bisa "hangabehi" menjadi guru sebagai sosok profesional. Hal yang perlu di pahami sebagai seorang guru dia adalah sebagai sosok Profesional yang disitu melekat tugas dan tanggung jawab yang memerlukan kompetensi tertentu untuk dapat disebut sebagai seorang Profesional.

Sebagai seorang Kepala Sekolah, juga harus mepahami bahwa mereka adalah guru yang mendapat tugas tambahan (manajerial), sungguh berat memang tugas tambahannya, bahkan dapat dikatakan melebihi beratnya tugas profesional sebagai seorang guru. kita tidak perlu mengeluh atau menyesal karenanya sebagai seorang Kepala Sekolah. Sangat mulia apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita meskipun imbalan yang diberikan tidak setimpal dengan beban dan tanggung jawab sebagai seorang Kepala Sekolah. 

Seorang Kepala Sekolah memiliki tugas yang besar dan berat :
1. Membentuk Karakter Warga Sekolah yang dipimpinnya
2. Menuntaskan proses akademis peserta didiknya
3. Membangun kepercayaan kepada masyarakat agar sekolahnya menjadi tujuan masyarakat     
    menyekolahkan anak-anaknya.
4. Pertanggungjawaban kepada Masyarakat secara langsung dan kepada pemerintah serta yayasan
    bagi sekolah swasta.
5. Membangun networking (lokal, nasional bahkan internasional)

Dari berbagai tanggung jawab yang MAHA BERAT tersebut kita akan memberikan tips salah satu dari tugas berat tersebut yaitu " membangun kepercayaan masyarakat agar sekolahnya menjadi tujuan masyarakat menyekolahkan anaknya.
1. Penampilan yang menarik
    Dalam hal ini adalah penampilan dalam segala bidang mulai dari tampilan sekolahnya yang atraktif, inovatif. Guru yang mampu menjadi ibu kedua bagi siswanya, mampu menginspirasi para siswanya dan penampilannya yang bersahaja. Prestasi akademik maupun non akademik (life skill) yang tinggi. Serta mampu menghasilkan outcome dengan karakter yang kuat (Intelektualitas, Emosi, skill dan Spiritualitasnya)

2. Menjadi pendengar yang baik
    Seorang Kepala Sekolah hendaknya mampu melebarkan telinga bagi customernya. Seorang Kepala Sekolah hendaknya mulai "bertapa bisu" (mengurangi perkataan yang tidak membawa manfaat dan lebih banyak mendengar, mengolah data dan informasi, menganalisa, memutuskan dan kemudian mengkomunikasikan.

3. Jangan takut menghadap keluhan customer
    Seorang Kepala Sekolah yang cerdas akan selalu mengedepankan analisis permasalahan daripada emosi. Dengan "bertapa bisu" Kepala Sekolah mendengar setiap keluhan sebagai bahan masukan (feed back) untuk melangkah kedepan dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Atau bahkan menjadi SOLUTOR bagi setiap customer maupun seluruh warga sekolah

4. Memuji Customer
    Hal yang paling sulit dilakukan oleh seorang Kepala Sekolah adalah menghargai karya orang dibawahnya (siswa, guru, atau bahkan customer/orang tua atau pihak ke 3 yang sering terlibat membantu sekolah). Sederhana kelihatannya dengan mengacungkan jempol atau bahkan ucapan terima kasih adalah bongkahan es raksasa yang menyejukkan setiap jiwa, sehingga menambah semangat untuk terus berkarya.

5. Memahamkan proses kepada Customer
    Mengkomunikasikan sebuah program beserta konsep, teknis pelaksanaan, sistem monitoring dan evaluasi bukan hal yang mudah bagi seorang Kepala Sekolah. Perlu peningkatan kapasitas dan kemampuan seorang Kepala Sekolah sehingga mampu meyakinkan kepada customer untuk dapat mendukung program yang telah dicanangkan oleh Kepala Sekolah.

Demikian beberapa hal kecil yang dapat dipaparkan untuk Kepala Sekolah semoga membawa manfaat dan perubahan ke arah yang lebih baik untuk dunia pendidikan kita. Terima kasih

Bahan bacaan : beberapa buku yang penulis lupa judul bukunya karena hanya mendengar dari sebuah kajian, jadi mohon maaf tidak dapat mencantumkan judul buka bacaan dan penulisnya.


Komentar

Postingan Populer