MANAJEMEN SEKOLAH

Banyak Kepala Sekolah yang disbukkan dengan dengan aktifitas laporan dan ke administrasian. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa sekolah sekolah  prestasinya tidak bisa maksimal. Bahkan dalam hal pengembangan sekolah cenderung menunggu inisiatif dari Dinas terkait. 
Penulis mencoba mengamati gejala tersebut. dan yang mengherankan adalah bahwa sebenarnya para Kepala Sekolah sdh menggenggam informasi tentang Analisis Lingkungan eksternal ataupun model persaingan sekolah. Inilah sebenarnya menurut hemat penulis hal inilah yang menjadi kunci utama untuk mengembangkan sekolah. Betapa tidak syarat seorang pemimpin adalah mampu membaca lingkungan sekitarnya untuk direfelksikan ke dalam lingkungan internalnya.
Pada dasarnya kecerdasan seorang pemimpin terletak pada kemampuan membaca lingkungan kemudian merefleksikan ke dalam lingkungan internalnya, kemudian membuat gerakan di lingkungan internal untuk menghadapi lingkungan eksternal. Ini sebenarnya teori alamiah bahwa kita harus eksis jika ingin diakui keberadaan kita. 
Inilah permasalahan utama yang menggelitik penulis untuk mencoba mengamati secara sederhana dan membuat solusi agar dapat memberi manfaat bagi yang mau membaca dan menindaklanjutinya.

Tips Manajemen Sekolah 
Pengamatan dari Luar:
1. Amati sekolah yang sederajat di lingkungan kita radius 3 - 5 km
2. Catat perkembangan Jumlah siswanya
3. Catat perkembangan prestasinya
4. Catat perkembangan status pengantarnya
5. Catat perkembangan pergedungan dan fasilitasnya

Pengamatan ke dalam
1. Melihat gaya mengajar gurunya
2. Mengamati gaya kerja Kepala Sekolahnya

Inilah yang sering dilupakan oleh para pengambil kebijakan, dan juga para Kepala Sekolah umumnya selalu mengamati dari sisi finansialnya, tapi bukan perkembangannya. Inilah pengamatan yang menjebak.

Setelah melakukan pengamatan-pengamatan di atas segera kembalikan ke dalam lingkungan internal kita. 
1. Siapkan Tim Perancang Program Sekolah
2. Siapkan Tim Perancang Strategi Sekolah

Kepala Sekolah sebagai Pengendali, Pengarah, dan Pengambil Keputusan. Maka kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah adalah :
1. Membaca Lingkungan Eksternal (membaca peluang, Tantangan)
2. Membaca Lingkungan Internal (potensi diri /Kekuatan, Kelemahan)
3. Menyiapakan strategi atau solusi

Komentar

Postingan Populer